9 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Kamu Coba di Labuan Bajo

Salah satu destinasi yang menjadi unggulan pariwisata Indonesia adalah Labuan Bajo. Mengapa Labuan Bajo? Sebab, semuanya ada di sana. Mulai dari air laut yang jernih, pemandangan alam menakjubkan, bersua dengan Komodo, hingga menikmati aneka kuliner yang tersedia.

Di Labuan Bajo, sajian kuliner tidak hanya menggoda mata namun juga sanggup memuaskan lidah. Sehingga, hati tenang dan perut kenyang. Lalu, apa saja sajian kuliner di Labuan Bajo? Berikut daftarnya.

1. Sup Ikan Kuah Asam

Tidak elok rasanya apabila tidak mencoba sajian ikan di Labuan Bajo. Sudah tidak bisa dimungkiri bahwa Indonesia Bagian Timur seperti Labuan Bajo sangat kaya akan olahan ikan. Sup ikan kuah asam, misalnya.

Sup ikan kuah asam adalah sajian otentik dari Labuan Bajo. Perpaduan rasa gurih dari ikan dan kuah asam dari belimbing wuluh sanggup memanjakan lidah. Rasanya, setiap suapan yang masuk mampu memenuhi rongga mulut hingga membuat kamu ingin mengatakan, “Mak Nyusss.”

2. Kolo Labuan Bajo

Jika kamu adalah penyuka nasi, ada baiknya mencoba sajian yang bernama Kolo. Ini adalah sebutan lain dari nasi bakar. Akan tetapi, cara pembuatannya, lain daripada yang lain.

Nasi akan diberi bumbu khas. Kemudian, dimasukkan ke dalam bara api dengan menggunakan alat khusus. Tunggu selama 30 menit. Setelah selesai, aroma nasi bakar akan menguar hingga mampu menusuk hidung kamu. Mamamia!

3. Jagung Bose

Jika kamu ingin mencari pengganti nasi, Jagung Bose adalah jawabannya. Jagung Bose merupakan penganan alternatif asli NTT yang juga merupakan makanan khas Labuan Bajo.

Sebelum menikmatinya, kamu perlu tahu cara pembuatannya. Jagung ditumbuk dengan memakai lesung. Setelah itu, dicampur dengan kacang merah dan santan. Nah, masak hingga matang kemudian rasa gurih akan tersaji di mulutmu.

4. Roti Kompyang

Jika kamu ingin sekadar menghilangkan rasa lapar sejenak, ada baiknya mencoba kuliner yang satu ini. Namanya Roti Kompyang. Kuliner khas Labuan Bajo yang berbentuk oval.

Citarasa yang khas dan kelezatan di setiap gigitan membuat orang yakin. Kuliner khas Labuan Bajo tiada duanya.

5. Sambal Ikan Teri

Apa yang paling nikmat selepas menikmati lautan pada siang hari? Tentu saja menikmati segelas kelapa muda dan makanan penambal lapar. Ya, sambal ikan teri jawabannya.

Kolo beserta sambal ikan teri menjadi santapan siang yang mantap. Rasa panas dari nasi dipadu dengan pedas dari sambal ikan teri. Siapkan tisu karena keringat akan bercucuran dari dahimu. He he he.

6. Tumis Bunga Pepaya

Jika NTB terkenal dengan plecing kangkung, NTT terkenal dengan tumis bunga pepaya. Jangan khawatir untuk mencobanya. Sebab, rasa pahitnya seakan sirna. Ia akan kalah dengan kesegaran dan pedas. Sangat cocok dipadu dengan sambal ikan teri dan kolo. Hmm, terbayangkan, ya?

7. Ikan Cara

Tidak lengkap rasanya setelah mengunjungi Labuan Bajo kemudian pulang tanpa membawa buah tangan. Oleh karena itu, kamu bisa membawa olahan ikan cara. Bentuknya kecil dan pipih.

Untuk penyajiannya, kamu bisa menggoreng hingga kering. Kemudian, cocol dengan sambal dan campur dengan nasi hangat. Aduh, suapan demi suapan akan terasa cepat, lho.

8. Kopi Flores

Kuliner tidak melulu soal makanan, tapi ada juga yang minuman. Maka dari itu, kamu bisa membawa bubuk kopi Flores sebagai teman mengerjakan tugas di rumah.

Di Labuan Bajo, jangan kaget ketika hampir setiap orang minum kopi. Di sana, minum kopi adalah kebiasaan hidup yang tidak dapat dilewatkan.

Itulah sembilan rekomendasi kuliner di Labuan Bajo yang harus kamu kunjungi. Sebenarnya masih ada rekomendasi kuliner lainnya yang belum dicantumkan di sini. Akan tetapi, setidaknya sembilan rekomendasi kuliner di Labuan Bajo bisa kamu coba saat berada di sana.

Selain kamu bisa mengetahui apa saja yang ada di dalamnya, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana Labuan Bajo melalui gawai atau kamera. Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Labuan Bajo!