Mau Berhemat saat Wisata di Labuan Bajo? Ikuti Trik Ini!

Berkat media sosial, salah satu destinasi di Indonesia menjadi sangat terkenal. Puluhan hingga ribuan wisatawan telah hadir di sana. Panorama alam yang mengagumkan, fauna langka yang hadir di sana, dan kuliner yang memanjakan lidah. Semuanya berhimpun menjadi satu di Labuan Bajo. Kini, wisata di Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi super prioritas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika melakukan wisata di Labuan Bajo. Apalagi saat ini era pandemi. Tentunya kamu harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan tidak lupa mencuci tangan dengan air mengalir. Selain itu, kamu perlu mengetahui apa saja yang sebaiknya dilakukan agar bisa berhemat di sana.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan wisata di Labuan Bajo dengan biaya terjangkau, kamu butuh lebih dari sekadar trik. Oleh karena itu, perhatikan tips dan trik di bawah ini, ya.

1. Sewa Kapal dari Pemilik Kapal, Bukan Agen

Hamparan pemandangan laut bisa kamu saksikan dari atas Gili Lawa. Ini tentu sangat menarik. Namun, akan lebih menarik apabila kamu bisa mengelilingi lautan dengan kapal. Nah, masalahnya adalah bagaimana menemukan harga sewa kapal yang terjangkau?

Ini triknya. Cobalah kamu pergi ke Jalan Soekarno Hatta. Lalu, beranjak ke Pelabuhan Pelni. Di sana kamu akan menemukan beberapa kapal yang siap untuk diajak berangkat. Alangkah lebih baiknya kamu cari siapa pemilik kapal tersebut. Bukan dari agen kapal. Jika kamu bertemu dengan pemilik kapal, kamu lebih leluasa untuk bernegosiasi.

2. Ajak Teman atau Kenalan untuk Berkeliling

Setelah kamu mendapatkan sewa kapal yang tepat, ini trik yang cukup menentukan. Kamu perlu membagi beban biaya ke teman-temanmu atau kenalanmu. Ini jelas baik bagi kantongmu. Sehingga, kamu bisa berhemat banyak hal. Apalagi jika ternyata kenalan atau teman-temanmu belum memiliki tempat untuk menginap. Wah, dari biaya sewa kapal berlanjut ke biaya penginapan.

Trik seperti ini seharusnya menjadi pedoman bagi orang-orang yang mau berkeliling dengan biaya murah dan terjangkau. Wisata di Labuan Bajo menjadi menyenangkan, bukan?

3. Bawa Lotion, Kacamata, dan Topi

Labuan Bajo merupakan salah satu daerah yang merupakan endemis malaria. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Misal, kamu perlu membawa lotion antinyamuk. Selain itu juga, kamu perlu membawa obat antimalaria.

Tidak lupa ketika wisata di Labuan Bajo, terutama musim kemarau, bersiaplah untuk memakai kacamata dan topi. Di sana, matahari akan sangat terik dan itu bisa membuat matamu silau. Selain itu, agar kamu tidak pusing mendadak, disarankan menggunakan topi.

Untuk mendapatkannya, kamu tidak perlu khawatir. Di sekitar Labuan Bajo, ada banyak toko atau minimarket yang menyediakan kebutuhanmu. Wisata di Labuan Bajo menjadi lebih asyik dan pastinya menyenangkan.

4. Carilah Penginapan yang Murah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika berwisata, salah satu hal yang cukup menentukan adalah penginapan. Di daerah wisata seperti Labuan Bajo, ada banyak pilihan penginapan, motel, maupun hotel bintang lima. Akan tetapi, bila kamu adalah orang yang menganut backpacker, pergilah ke Pantai Kampung Ujung.

Di sana, kamu akan menemukan beragam penginapan dengan biaya terjangkau. Mulai dari harga Rp150 ribu hingga Rp400ribu. Agar lebih murah maka kamu bisa mengajak temanmu dengan menempati satu kamar saja. Lebih baik kamu meminta extra bed daripada membuka satu kamar lagi.

Itulah empat trik agar kamu bisa berhemat saat wisata di Labuan Bajo. Trik ini sangat berguna bagi kaum backpacker. Sehingga, bisa dipastikan sebagian besar kaum backpacker menganut trik ini. Nah, jadi, sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya berkeliling dan wisata di Labuan Bajo dengan biaya terjangkau?

Sungguh menyenangkan, rasanya. Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana alam Labuan Bajo melalui gawai atau kamera.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Labuan Bajo!