Tips dan Trik Menciptakan Hunian yang Nyaman

Memiliki rumah yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Rumah yang nyaman tidak ditentukan dari besar kecilnya bangunan. Rumah dengan bangunan yang tidak terlalu besar juga dapat memberikan kenyamanan jika pAndai menata setiap sudutnya.

Selama pandemi, banyak orang menghabiskan waktunya di rumah. Mulai dari bekerja sampai bersekolah dilakukan di rumah. Untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman, tidak salahnya jika melakukan renovasi di beberapa bagian rumah.

Mengganti Warna Dinding, Plafon maupun Barang-barang

Agar suasana rumah menjadi lebih nyaman, Anda bisa mengganti cat warna dinding maupun plafon rumah Anda. Memilih warna yang sesuai memang sangatlah sulit. Namun untuk tren warna yang sedang berkembang awal tahun ini lebih banyak kembali ke warna alam.

Anda dapat memilih warna hijau maupun biru untuk menciptakan suasana alami ke dalam ruangan di rumah Anda. Warna biru dan hijau mempresentasikan suasana alam yang memberikan rasa ketenangan. Anda dapat mengaplikasikan warna-warna tersebut pada dinding rumah Anda.

Selain dinding, warna cat plafon juga berpengaruh terhadap keindahan dan kenyamanan sebuah rumah. Pada umumnya, orang-orang memilih warna putih untuk plafon mereka. Untuk menciptakan suasana yang berbeda, Anda dapat memilih mengkombinasikan warna putih dengan warna-warna lain.

Warna-warna yang dapat dikombinasikan untuk warna plafon rumah Anda yaitu oranye, biru, maupun abu-abu. Anda juga dapat menciptakan suasana alami di rumah dengan menggambar langit di bagian plafon. Pemilihan warna plafon sebaiknya warna yang kontras dengan dinding rumah agar menciptakan kesan luas pada sebuah ruangan.

Setelah mengganti warna dinding dan plafon, Anda juga bisa mengganti warna barang-barang di rumah agar menciptakan suasana yang berbeda. Warna-warna barang yang netral seperti abu-abu dan putih akan mulai bergeser ke warna-warna yang lebih cerah. Beberapa orang yang menyukai nuansa alami akan memilih warna perabot yang menunjukkan nuansa kayu.

Menata Ulang Perabot di Dalam Rumah

Kesibukan di luar rumah yang sebelumnya sering Anda lakukan, membuat Anda tidak mempunyai waktu untuk menata barang-barang di rumah. Masa pandemi seperti ini merupakan kesempatan Anda untuk menata ulang barang-barang.

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan yakni mensortir barang-barang. Pilihlah barang-barang yang menurut Anda perlu dan tidak perlu untuk di simpan. Terlalu banyak perabot yang tidak berguna di dalam rumah juga tidak baik. Selain membuat rumah terkesan lebih sempit, terlalu banyak perabot juga membuat Anda sulit untuk membersihkan bagian-bagian tertentu pada rumah.

Setelah mensortir, Anda bisa menata ulang tempat dari perabot-perabot tersebut. Dengan menata ulang letak perabot, Anda bisa menciptakan suasana baru. Hal tersebut pasti membuat Anda lebih nyaman untuk menghabiskan waktu lebih lama berdiam diri di rumah.

Untuk perabot yang sudah tidak terpakai, Anda bisa menyumbangkannya ke yayasan-yayasan amal. Atau bisa juga menjual perabot-perabot tak terpakai tersebut di market place jual beli barang-barang bekas.

Menjaga Kebersihan Rumah

Salah satu trik agar hunian terasa lebih nyaman ialah menjaga kebersihannya. Selain untuk faktor kenyamanan, rumah yang bersih juga penting untuk kesehatan tubuh. Selama pandemi, orang-orang mulai tersadarkan akan pentingnya kebersihan.

Untuk menjaga kebersihan rumah, alangkah baiknya secara rutin untuk mengepel lantai setiap dua hari sekali. Untuk membersihkan dan mengelap debu pada perabot,  Anda bisa menjadwalkan satu minggu sekali. Tidak hanya bagian lantai dan perabot, Anda juga harus memastikan kebersihan dari jendela, plafon, sampai sudut-sudut yang tak terlihat dari rumah Anda.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kenyamanan di rumah Anda.