Tips Memilih Paprika dan Cara Mengolahnya

Salah satu sayuran yang sering digunakan untuk memasak adalah paprika. Sayuran dengan bentuk mirip cabai ini memiliki rasa yang sangat menarik. Itulah kenapa, paprika sering sekali digunakan untuk beberapa jenis makanan seperti pizza atau salad.

Jika Anda ingin menggunakan paprika untuk memasak, ada baiknya untuk mengetahui cara memilih. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana mengolah sayuran ini agar bisa memaksimalkan rasanya.

Tips Memilih Paprika yang Tepat

Sebelum membeli paprika, ada baiknya untuk tahu cara memilih sayur ini dengan tepat. Perhatikan tips berikut agar tidak salah beli.

1.     Perhatikan Warna

Secara umum ada 4 varian paprika. Setiap jenis akan menghasilkan buah yang berbeda-beda warnanya. Mulai dari hijau, kuning, oranye, dan merah. Setiap warna memberikan rasa yang berbeda-beda. Itulah kenapa pemilihan harus dilakukan dengan benar.

  • Memiliki rasa sedikit manis dan renyah saat dimakan.
  • Kuning dan oranye. Hampir sama dengan yang hijau, tapi sedikit lebih manis.
  • Cenderung lebih manis dan memiliki warna merah yang cantik.

2.     Warna Harus Cerah

Salah satu indikator apakah paprika memiliki kualitas baik atau tidak adalah warna dari buahnya. Jika buah berhasil tumbuh dengan baik maka warna dari kulit luar akan cerah dan terlihat menarik saat dilihat. Hal ini berlaku pada paprika untuk semua jenis paprika dengan warna apa pun.

Apabila warna dari buah tidak terlalu cerah, kemungkinan besar sudah layu. Misal paprika yang sudah dipanen lebih dari seminggu. Hindari untuk memilihnya agar kualitas rasa masakan Anda tetap terjaga.

3.     Tangkai Sayur Segar

Indikator lain yang menunjukkan paprika masih dalam kondisi segar adalah tangkainya. Biasanya bagian dari pabrik yang mudah kering jika lama dipetik adalah tangkai. Jika bagian ini sudah layu, berarti sayuran sudah dipetik beberapa hari yang lalu.

4.     Hindari yang Kulitnya Empuk

Ada baiknya untuk menghindari memilih paprika yang kulit luarnya terasa empuk. Paprika yang segar memiliki kulit luar yang cukup keras sehingga tidak mudah busuk. Hindari juga paprika yang sudah hancur di beberapa bagian buahnya.

5.     Terasa Berat Saat Diangkat

Semakin besar paprika umumnya terasa berat saat dipegang. Jika paprika tidak terasa berat berarti tidak terlalu tebal. Bagian dalam lebih kopong sehingga bagian yang dipakai masak lebih sedikit.

Cara Mengolah Paprika yang Benar

Pengolahan paprika sebenarnya sangat luas dan tidak terbatas. Namun, beberapa cara di bawah ini adalah yang paling sering dilakukan dan mampu menghasilkan hidangan yang enak.

  • Diiris sesuai selera dan dikonsumsi segar. Sering digunakan untuk salad atau lalap.
  • Ditumis dengan sayur lain. Disarankan untuk tidak terlalu matang agar tekstur dan rasa tidak berubah.
  • Dipanggang, bagian dalam diisi adonan tertentu.
  • Dibakar di atas api untuk menghasilkan aroma smoky, sering dipakai untuk campuran saus atau cocolan.
  • Digunakan sebagai topping pizza.
  • Dikeringkan terlebih dahulu lalu diproses menjadi bubuk. Bubuk paprika mirip dengan cabai bubuk dan sering dipakai untuk campuran aneka makanan.

Memilih paprika terlihat cukup mudah meski beberapa orang tidak bisa melakukannya. Jika Anda merasa sulit memilih sayur ini atau kesulitan mendapatkanya, ada baiknya untuk menggunakan aplikasi Tanihub.

Melalui aplikasi Tanihub, Anda bisa mendapatkan paprika dengan kualitas terbaik. Produk juga akan dikirim langsung ke rumah sehingga Anda tidak perlu kesulitan untuk mencarinya keluar rumah.

Selain paprika, ada banyak sekali kebutuhan dapur, seperti sayur, ikan, daging, telur, dan buah yang disediakan di sana. Jadi, kebutuhan dapur bisa dipenuhi dengan mudah dan cepat. Cukup pesan secara online, produk kualitas terbaik akan segera dikirim ke rumah.