Ulasan Lengkap Luka Bakar, Grade Luka dan Pencegahannya Hanya di SehatQ

Kondisi dimana luka bakar terjadi sudah bisa dipastikan memiliki dampak pada kulit tubuh. Kondisi tersebut bisa semakin parah jika tidak segera ditangani secara tepat. Maka penderitanya bisa mencari bantuan melalui direktori penyakit di SehatQ dengan lengkap. Seperti informasi tentang luka akibat terbakar dan pencegahannya.

Pengertian Luka Bakar

Luka yang akibat terbakar ini terjadi disebabkan adanya jaringan kulit yang rusak, paparan sinar matahari hingga terkena radiasi. Pada dasarnya orang yang telah mengalami luka tersebut akan sembuh dengan cepat tanpa sebab yang serius. Dengan kata lain, luka tersebut secara alami bisa perlahan mulai membaik. Hal ini juga berpengaruh pada respon tubuh terutama bagian yang terkena terbakar untuk bisa memperbaharui jaringan kulit.

Untuk mengobati luka terbakar tersebut, bergantung pada tingkat keparahan yang terjadi ketika mengalaminya. Jika kondisi sangat parah pada luka terbakar maka dibutuhkan pertolongan medis segera. Biasanya pada anak-anak punya risiko yang tinggi untuk mengalami luka terbakar ini. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan peningkatan keamanan juga keselamatan anak dari peralatan rumah tangga yang berbahaya.

Setelah memahami dengan detail tentang luka terbakar, maka harus ada cara untuk mencegahnya. Sebelum masuk pada pencegahan ada beberapa tingkatan luka terbakar yang perlu dipahami. Adapun tingkatan dari luka terbakar ini penangannya akan disesuaikan dengan kondisi tingkatan tersebut.

Grade Luka Bakar

Ada tingkatan dari luka terbakar yang perlu dipahami agar bisa mudah dan sesuai cara penanganannya. Yang mana setiap tingkatan ini juga akan berbeda satu dan lainnya juga punya ciri khusus pada grade serta kesembuhannya. Apa saja tingkatan yang ada pada luka terbakar tersebut?

1. Tingkatan Pertama Atau First-Degree Burn

Pada tingkatan pertama atau grade satu yang tampak adalah mengenai lapisan uar. Ciri-cirinya kulit terlihat memerah, perih, tampak bengkak namun tidak melepuh. Contoh dari tingkatan pertama ini penyebabnya adalah terbakar akibat sinar matahari. Pada luka ini, penderita akan pulih jika sudah 7 sampai 10 hari melakukan intensitas rawatnya di rumah.

Pada saat mengalami grade pertama ini pada luka terbakar tetap harus melakukan konsultasi pada dokter. Untuk melaksanakan perawatannya bisa dengan menggunakan air dingin selama lima menit. Kemudian mengkonsumsi paracetamol dan juga mengoleskan salep khusus seperti lidocaine mengandung lidah buaya agar nyaman di kulit.

2. Tingkatan Luka Kedua Atau Second-Degree Burn

Ketika terjadi luka bakar tingkatan kedua ini biasanya masuk ke tingkatan lebih dalam lagi. Kulit juga terlihat melepuh bahkan sangat merah terasa perih dan ada bulla yaitu gelembung isinya air, bahkan lepuhan tersebut bisa pecah.

Kondisi luka terbakar pada grade dua ini bisa sembuh pada rentang waktu 2 hingga 3 minggu. Penangannya dengan mengalirkan air dingin 15 menit, minum obat pereda nyeri serta mengoleskan krim antibiotic.

3. Grade Luka Terbakar Ketiga Atau Third-Degree Burn

Pada tingkatan ini, justru luka bakar tampak terlihat warna kulitnya putih, coklat serta hitam juga tak melepuh. Tidak menimbulkan rasa sakit tapi bisa meluas dan menghancurkan saraf hingga kulit mati rasa. Bisa angkat bagian luka lebih tinggi dari bagian jantung. Kemudian harus segera ditangani dokter atau masuk UGD segera.

Itulah beberapa penjelasan luka bakar serta tingkatannya dan cara pencegahannya. Untuk bisa mendapatkan informasi lengkap bisa di direktori penyakit yang ada agar bisa lebih detail dan segera tertangani jika mengalami luka terbakar. Dengan begitu ketika terjadi kejadian luka bakar baik ringan maupun parah bisa memahami dan melakukan pencegahan sedini mungkin.